Tuesday, December 6, 2016

Membedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu

Baiklah, setelah kita tahu apa itu kopi luwak, sejarah, dan kontroversinya (link ini), kita membahas bagaimana membedakan kopi luwak asli dan palsu. Karena, dari peredaran kopi luwak di Indonesia yang produsennya mengaku bahwa produknya asli, ternyata lebih banyak palsunya. Agar kita tidak terjebak membeli kopi luak palsu, berikut ini tips membedakan kopi luwak asli dan palsu. 



Sebagaimana dikutip dari blog Kopi Luwak Asli 99, didapat data bahwa saat ini 30% produk kopi luwak yang dijualbelikan di Indonesia merupakan produk kopi luwak palsu, 15%-nya produk kopi luwak yang dioplos dengan kopi biasa, dan 55%-nya baru kopi luwak asli. Dari 55% produk kopi luwak asli itupun 54% di antaranya diekspor ke luar negeri dan baru 46%-nya untuk konsumsi dalam negeri. 


Untuk menghidari kerugian akibat kemungkinan membeli kopi luwak asli tapi palsu, inilah tipsnya menurut blog tersebut: 

1. AROMA
Aroma kopi luwak asli –terutama kopi luwak arabika- umumnya lebih kuat dibanding dengan aroma kopi biasa baik ketika masih dalam tahap pengolahan (roaster) maupun ketika kopi diseduh. Kopi luwak asli saat diroasting mengeluarkan wangi seperti bau pandan  dan wangi tersebut menyebar dengan jangkauan yang luas. Sementara kopi biasa justru mengeluarkan bau apek dan saat diroasting sebaran wanginya tidak terlalu jauh yakni rata-rata sekitar radius 10-20 meter. Dan perlu diketahui, untuk yang tersertifikasi sebelum dipacking produknya terlebih dahulu harus ditest tingkat kewangiannya melalui test after nose.




2. RASA
Kopi luwak asli rasanya sangat kuat dan akan tertinggal di tenggorokan hingga > 30 menit setelah kopi luwak diminum. Kopi luwak palsu memiliki rasa yang jauh lebih lemah. Rasa kopi luwak palsu tak akan bertahan lama dalam lidah dan tenggorokan.

3. LAMBUNG DAN PERILAKU BUANG AIR
Kopi luwak aspal menimbulkan sering kebelet buang air, baik buang air besar maupun buang air kecil. Selain itu, setelah meminum kopi luwak palsu, penderita maag biasanya akan merasakan perih di lambung tidak seperti saat mengkonsumi kopi luwak yang asli. 

4. KRIM PUTIH PADA PERMUKAAN
Kopi luwak asli saat diseduh mengeluarkan krim putih di bagian permukaannya meski tanpa bahan tambahan apapun. Krim putih pada permukaan kopi luwak asli berbentuk mirip seperti krim pada kopi esspresso meski dengan jumlah yang jauh lebih sedikit. Krim tersebut muncul karena saat digrinder biji kopi kering masih berada dalam kulit arinya. Kulit ari inilah yang menyebabkan kopi luwak asli saat diseduh mengeluarkan krim.

5.PENAMPILAH GREEN BEAN (BIJI KOPI) KOPI LUWAK

Green bean kopi luwak asli  luwak asli berwarna hijau agak kekuning-kuningan sedangkan green bean kopi biasa berwarna hijau tua. Selain itu, pada green bean kopi luwak asli biasanya sama sekali tidak terdapat mikro black spot atau bintik hitam kecil jika dilihat menggunakan mikroskop atau kaca pembesar. Kopi luwak asli tidak memiliki mikro black spot karena ia merupakan kopi pilihan terbaik yang diseleksi oleh agen alam alias luwak.

No comments:

Post a Comment